Kreativitas Konten Komunikasi dalam Media Informasi

Kreativitas Konten Komunikasi dalam Media Informasi

Kreativitas Konten Komunikasi dalam Media Informasi – Saat ini memahami eksistensi kreasi konten dalam  komunikasi massa dan media massa tidak cukup hanya dengan mengkaji cara kerja praktisi serta khalayak dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi. Hal tersebut memerlukan juga penelusuran tentang perubahan konsep komunikasi masa yang dipengaruhi  perkembangan teknologi pendukungnya. Konsep komunikasi dan media senantiasa mengikuti dinamika peradaban manusia yang saat ini telah memasuki era masyarakat informasi jika dibandingkan dengan era sebelumnya (era pertanian dan era masyarakat industri)

Penduduk informasi merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk dapat mendeskripsikan sebuah masyarakat yang dapat memaksimalkan suatu informasi dan teknologi komunikasi baru. Mereka memanfaatkan teknologu baru tersebut dalam berbagai sendi kehidupan ini seperti, politik, sosial, ekonomi dan budaya. Masyarakat berintraksi dalam komunitas virtual termasuk didalamnya menghimpun hingga berbagi informasi. Tatanan dalam memperoleh informasi tidak hanya mengandalkan media masa yang bersifat konvensional saj, melainkan juga dapat melalui media komunikasi lainnya yaitu media online. poker99

Kreativitas Konten Komunikasi dalam Media Informasi

Indonesia menempati peringkat tujuh Asia sebagai Negara dengan pengguna internet terbanyak. Data ini lazimnya juga dapat digunakan pemerintah Indonesia untuk melihat profit pengguna internet yang saat ini sekitar 34% masyarakat Indonesia yang sudah mengakses media informasi seperti youtube). Walaupun banyak menggunakan internet , tidak semua warga masyarakat melek akan teknologi saat  ini.  Dengan berbagai konten, kreasi masyarakat dapat diasah dan dijadikan sebagai penghasilan masyarakatnya itu sendiri.

Di masa digital sekarang kita disajikan dengan berbagai informasi bahkan hingga overloads. Walaupun begitu kita tak kunjung bosan. Kita senang mengapresiasi sesuatu yang baru dan mengesankan. Itulah kehebatan dari Content Creator.

Content Creator merupakan bagian dari sebuah tim kreatif yang terdiri dari penulis, illustrator, fotografer dan sebagainya. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa Content Creator adalah orang yang mampu menciptakan konten menarik.

Menjadi Content Creator sangat mungkin tidak hanya sebatas hobi, tetapi bisa menjadi menjadi profesi. Berawal dari ketekunan, fokus pada minat dan mengasah ketrampilan dan kreatifitas. Menjadi Content Creator tanpa batas usia, ras, latar belakang ekonomi maupun pendidikan. Kita bisa menjadi Content Creator di banyak sosial media, misalnya Instagram, Line dan yang sangat populer saat ini adalah YouTube.

Salah satu contoh Content Creation di sosial media yaitu YouTube. Di era milenium ini, hampir semua orang sudah mengenal YouTube. Apalagi dengan kemudahan membuat video yang bahkan bisa dilakukan hanya dengan mengunakan smartphone, YouTube semakin berjaya karena semakin banyak orang yang bisa mengunggah video miliknya sendiri untuk ditonton orang lain.

Pada dasarnya, YouTube merupakan sebuah website yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi video yang mereka miliki atau sebatas menikmati berbagai video klip yang diunggah oleh berbagai pihak. Tersedia berbagai macam video yang dapat diunggah ke situs ini, seperti video klip musik dari musisi tertentu, film pendek, film televisi, trailer film, video edukasi, video blog milik para vlogger, video tutorial berbagai macam aktivitas dan masih banyak lagi.

Saat ini memahami eksistensi kreasi konten dalam  komunikasi masa dan media masa tidak cukup hanya dengan mengkaji cara kerja praktisi serta khalayak dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi. Hal tersebut memerlukan juga penelusuran tentang perubahan konsep komunikasi masa yang dipengaruhi  perkembangan teknologi pendukungnya. Konsep komunikasi dan media senantiasa mengikuti dinamika peradaban manusia yang saat ini telah memasuki era masyarakat informasi jika dibandingkan dengan era sebelumnya (era pertanian dan era masyarakat industri)

Konten dapat diartikan sebagai tulisan, gambar, audio dan video yang disampaikan dalam media itu sendirin atau sesuatu yang diekspresikan melalui beberapa media seperti pidato, tulisan atau berbagai seni untuk ekspresi diri, distribusi, pemasaran dan atau publikasi. Sedangkan kreasi merupakan suatu bentuk dari seni, dimana diperlukan tindakan untuk membuat sesuatu yang bisa menjadi berguna atau menarik untuk dilihat.

Kreativitas Konten Komunikasi dalam Media Informasi

Diperlukan keahlian tertentu untuk berkreasi, entah untuk menyenangkan diri sendiri ataupun untuk menyenangkan orang lain. Survey mendeskripsikan pembuatan konten sebagai kreasi adalah “orang-orang yang berkontribusi membuat konten di dunia online”.

Indonesia menempati peringkat tujuh Asia sebagai Negara dengan pengguna internet terbanyak. Data ini l juga dapat digunakan pemerintah Indonesia untuk melihat profit pengguna internet yang saat ini sekitar 34% masyarakat Indonesia yang sudah mengakses media informasi seperti youtube). Meskipun banyak menggunakan internet , tidak semua warga masyarakat melek akan teknologi saat  ini.  Dengan berbagai konten, kreasi masyarakat dapat diasah dan dijadikan sebagai penghasilan masyarakatnya itu sendiri.

Masyarakat Indonesia saat ini berada dalam fase transisi menuju masyarakat era informasi melalu kreasi konten. Kreasi konten dalam sebuah komunikasi masa dan media masa merupakan konsep yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah informasi yang dapat memaksimalkan informasi dan teknologi komunikasi yang baru. Di kancah global berbasis web yang didukung jaringan internet yang sangat baik mendukung masyarakat untuk berkarya sesuai bakatnya.

Fenomena semakin berkembang  dengan media sosial dan pergesaran pola masyarakat dalam mengkonsumsi informasi ini tidak dapat diabaikan begitu saja oleh praktisi industri media pemberitaan. Satu hal yang tidak kalah penting , industri media mainstream juga perlu mengetahui penggunaan berbagai platform dari media sosial.

Platform digital plukme telah dirancang sedemikian rupa bagi para content creator telah dirancang sedemikian rupa untuk mengekspresikan diri mereka melalui tulisan yang dapat dibaca langsung di plulme atau media network milik plukme lainnya. Sebagai lazimnya seorang content creator ingin menulis suatu konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembacanya. Salah satunya adalah konten yang berisi gambar-gambar yang berhubungan dengan isi konten yang disajikan. Hal ini agar memudahkan dan meringkas sebuah penjelasan makna yang terkandung dalam konten tersebut.

Di kancah global berbasis web yang didukung jaringan internet yang sangat baik mendukung masyarakat untuk berkarya sesuai bakatnya. Fenomena semakin berkembang  dengan media sosial dan pergesaran pola masyarakat dalam mengkonsumsi informasi ini tidak dapat diabaikan begitu saja oleh praktisi industri media pemberitaan.

Satu hal yang tidak kalah penting , industri media mainstream juga perlu mengetahui penggunaan berbagai platform dari media sosial. Platform digital plukme telah dirancang sedemikian rupa bagi para content creator telah dirancang sedemikian rupa untuk mengekspresikan diri mereka melalui tulisan yang dapat dibaca langsung di plulme atau media network milik plukme lainnya. Sebagai lazimnya seorang content creator ingin menulis suatu konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembacanya. Salah satunya adalah konten yang berisi gambar-gambar yang berhubungan dengan isi konten yang disajikan. Hal ini agar memudahkan dan meringkas sebuah penjelasan makna yang terkandung dalam konten tersebut.

Di era digital saat ini banyak sekali ditemukann hal-hal menarik untuk diulas bagi conten creator seperti tempat wisata, kuliner, fashion, make-up dan lain-lain. Kreasi konten ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas masyarakat dalam bidan digital, baik itu melalui instagram ataupun youtube.